Minggu, 22 Januari 2012

FUNGSI RUMAH BAGI MASYARAKAT SOSIAL

Rumah adalah dermaga tempat berlabuh para penghuninya.
Rumah merupakan reinterprestasi sosial budaya masyarakat terhadap alam dan kehidupan tempat tinggalnya.
Rumah adalah tempat hunian kita beristrirahat dari penatnya aktifitas sehari - hari, bersosialisasi dengan keluarga, tetangga dan masyarakat dan menciptakan hubungan yang harberharmonisasi bagi seluruh penghuninya.
Bagian rumah yang sering kita jumpai adalah taman atau pekarangan. Taman atau pekarangan merupakan cerminan dari energi alam dan energi adalah sumber kehidupan yang sewaktu – waktu akan bermanfaat sekali terhadap kelangsungan hidup manusia.

Oleh karena itu jika rumah dan pekarangan dirancang sebagai satu kesatuan yang harmonis, akanlah tercipta sesuatu estetika yang  memberikan energi kehidupan yang sangat positif dan sangat bermanfaat bagi penghuninya.
Ada 4 fungsi rumah :
1.      Sebagai tempat tinggal yang nyaman
2.      Sebagai sumber ibadah
3.      Sebagai sumber ilmu
4.      Sebagai sumber pendapatan
Yang dimaksud dengan rumah sebagai tempat tinggal yang nyaman adalah dimana kita dapat menempatkan diri kita untuk menikmati segala suasana yang ada sehingga dari suasana itu dapat dikombinasikan menjadi sesuatu yang nyaman.
Yang dimaksud dengan rumah sebagai tempat ibadah adalah dimana kita dapat menempatkan diri sebagai imam/ dalam keluarga (bagi kaum lelaki) dan diman kita dapat menempatkan diri sebagai wakil dari imam/pemimpin tersebut yang bertujuan untuk menciptakan sesuatu kepemimpinan di dalam suatu lingkungan rumah.
Yang dimaksud dengan rumah sebagai sumber ilmu adalah dimana kita yang berada dalam suatu bangunan tersebut dapat berfikir secara positif sehingga rumah tersebut tidak hanya menjadi suatu tempat peristirahatan namun dapat menjadi sarana terciptanya pikiran positif yang akan membuahkan sumber ilmu
Sedangakan yang dimaksud dengan rumah sebagai hasil pendapatan adalah dimana seseorang mampu atau dapat bersingkroni dengan apa yang menjadi tanggung jawab mereka untuk dapat mewujudkan suatu nilai yang dapat melengkapi suatu kenyamanan dengan penghasilan (kaum lelaki).
Selamat mencoba para pembaca, semoga rumah kita mempunya 4 fungsi dari rumah tersebut.

1 komentar:

  1. Sebaiknya dimasukan juga sumber-sumber kutipan dari mana kita mengacuh untuk penulisan seperti ini, misalnya definisi dari mana, menurut siapa, dari buku apa dsb. btw....bagus...sudah menyumbang pengetahuan buat pembaca...

    BalasHapus