Minggu, 22 Januari 2012

ARSITEKTUR BRUTALISME


       I.            DEFINISI
Brutalisme adalah gaya arsitektur yang melahirkan pembaharu gerakan arsitek dan berkembangnya dunia kearsitekturan. Brutalisme sebagai gaya arsitektur juga dihubungkan dengan suatu ideologi yang berupa kayalan sosial yang cenderung keras untuk didukung oleh para perancangnya.
Bangunan brutalist pada umumnya dibentuk dengan membentur blockish, geometris, dan bentuk berulang, dan sering juga mengulang bentuk tapi tanpa adanya ornamen. Bangunan brutalisme ini biasanya menggunakan bahan bangunan berupa beton tetapi tidak semua bangunan brutalisme ini terbuat dari beton.
Berasal dari beton brut (beton telanjang), yang dipakai oleh Le Corbusier pada bangunan Unite d’Habitation di Marseilles. Bangunan yang dibuat dengan gaya seperti ini, yaitu menggunakan bahan bangunan yang kasar, seperti beton expose, batu bata kasar dan bahan lain yang sejenis termasuk di dalam aliran ini.
Sebagai gantinya, bangunan dapat mencapai Mutu brutalist melalui suatu bahan yang keras dengan penampilan bagunan dan material strukturnya terbuat dari beton. Namun tipe bangunan seperti brutalisme ini hanya di pandang sebelah mata dan banyak orang beranggapan bahwa tipe bangunan seperti ini sebagai gaya yang merusak pemandangan, dalam majalah home office edisi 50 gaya Quenn Anne dikatakan “seperti barang rongsokan”.

    II.            SEJARAH
Bangunan brutalisme berkembang pada tahun 1950 sampai tahun 1970. Awal gaya sebagian besar diilhami oleh Arsitek Swiss, Le Corbusier ( khususnya Unit d'Habitation) dan Ludwig Mies van der Rohe. Istilah brutalisme ini dimulai dari bahasa Prancis Béton brut, atau " beton mentah".
Brutalisme memperoleh daya gerak besar di Inggris sepanjang abad pertengahan 20, ketika keadaan ekonomis tertekan ( dan kerusakan WWII) masyarakat mencari konstruksi murah.
Di tahun terakhir, gaya bangunan brutalistme sudah mulai hilang dari ingatan masyarakat. Dan masyarakat mulai menuju ke gaya pembaharu yang baru lahir menggantikan gaya brutalisme sehingga banyak bangunan gaya brutalistme dirobohkan dan dibangun menjadi gaya yang baru lagi.
Bagaimanapun, gaya brutalisme pada Menara Trelick telah membuktikan bahwa gaya brutalisme sangat populer di antara para arsitek dan masyarakat. Pada waktunya, banyak struktur brutalisme menjadi lebih dihargai oleh masyarakat karena keunikan mereka dan penampilan yang menyolok.
 III.            CIRI
Ciri bangunan dari tipe brutalisme adalah :
1.      Bentuknya geometris dan berulang.

2.      Bentuknya unik.

3.      Menggunakan bahan material berbahan keras seperti :

beton, baja, kaca, dan batu – batuan kasar.

1 komentar:

  1. ketauan copas dari blog orang
    http://leoniassetica.blogspot.co.id/2010/01/arsitektur-brutalisme.html

    BalasHapus